Pengaruh Model Cooperative Learning terhadap Hasil Belajar Matematika dalam Keberagaman Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh di dalam hasil belajar siswa dalam menggunakan model cooperative learning di dalam pembelajaran. Hasil belajar tersebut diorientasikan di dalam mata pelajaran Matematika dengan pembahasan lingkaran untuk melihat kemampuan awal matematis, mengingat kemampuan awal matematis siswa yang menjadi parameter di dalam menghasilkan suatu jawaban inheren dengan berbagai perspektif yang alternatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Cisarua dengan penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode analisis korelasi untuk melihat keterkaitan akan variabel bebas yakni kerja sama di dalam keberagaman peserta didik dan variabel terikat yakni hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran cooperative learning pada materi lingkaran. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 1 Cisarua dengan sampel sebanyak 31 siswa. Instrumen penelitian pada penelitian ini menggunakan angket dan tes pada akhir pembelajaran. Pengujian persyaratan analisis data yang digunakan terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov berbantuan software SPSS versi 26. Pada penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa analisis kerja sama siswa dalam pembelajaran dengan hasil belajar siswa menggunakan model cooperative leraning pada materi lingkaran memiliki korelasi dengan kekuatan koefisien yang kuat dengan nilai Correlation Coefficient sebesar 0,841 serta interaksi antara kerja sama siswa dengan hasil belajarnya adalah sebesar 84,1% dan 15,9% lainnya dipengaruhi oleh faktor eksternal. Dikarenakan data berdistribusi normal maka dilanjutkan dengan uji regresi yang menghasilkan data memenuhi dalam kriteria linearitas dengan persamaan regresi adalah Y = 31,647 + 0,619X _______________________________________________________________________________________ This research aims to see whether there is an influence on student learning outcomes in using the cooperative learning model in learning. These learning outcomes were oriented in Mathematics subjects with a discussion of circles to see initial mathematical abilities, considering that students' initial mathematical abilities were the parameters in producing an answer that was attached to various alternative perspectives. This research was carried out at SMPN 1 Cisarua with quantitative research. This research method used a correlation analysis to see the relationship between the independent variable, namely cooperation in the diversity of students, and the dependent variable, namely student learning outcomes using the cooperative learning model in circle material. The population of this research was class VIII students at SMPN 1 Cisarua with a sample of 31 students. The research instruments in this study used questionnaires and tests. The specifications for data analysis requirements used consisted of a normality test and linearity test using Kolmogorov-Smirnov with the help of SPSS version 26 software. In this study, it was concluded that the analysis of student cooperation in learning with student learning outcomes using the cooperative learning model in circle material has a correlation with strength. a strong coefficient with a Correlation Coefficient value of 0.841 and the interaction between student cooperation and learning outcomes is 84.1% and the other 15.9% is influenced by external factors. Because the data is normally distributed, it is continued with a regression test which produces data that meets the linearity criteria with the regression equation being Y = 31.647 + 0.619X