Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasi. Subjek dalam penelitian ini seluruh siswa di SMP Negeri 3 Logas Tanah Darat. Objek penelitian ini adalah pengaruh lingkungan keluarga terhadap keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi. Populasi dalam penelitian sebanyak 83 peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diketahui bahwa lingkungan keluarga berpengaruh terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran Pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi. Diketahui bahwa hasil analisis regresi linier sederhana dengan nilai signifikansi 0,000 maka 0,000 < 0,05 artinya hipotesis penelitian diterima. Besar pengaruhnya lingkungan keluarga 0,317 atau 31,7% dikategorikan rendah, karena berada direntang  0,20 – 0399 seperti yang terdapat dalam label interprestasi koefisien korelasi. Sedangkan sisahnya 68,3% dipengaruhi oleh hal-hal lain. Dengan demikian hipotesis diterima. Tingkat hubungan  antara lingkungan keluarga terhadap keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi dalam kategori rendah.