Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Nur Santi Mahasiswa Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Firdaus Firdaus Dosen Universitas Islam Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/jpim.2023.vol1(1).14579

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasi. Subjek dalam penelitian ini seluruh siswa di SMP Negeri 3 Logas Tanah Darat. Objek penelitian ini adalah pengaruh lingkungan keluarga terhadap keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi. Populasi dalam penelitian sebanyak 83 peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diketahui bahwa lingkungan keluarga berpengaruh terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran Pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi. Diketahui bahwa hasil analisis regresi linier sederhana dengan nilai signifikansi 0,000 maka 0,000 < 0,05 artinya hipotesis penelitian diterima. Besar pengaruhnya lingkungan keluarga 0,317 atau 31,7% dikategorikan rendah, karena berada direntang  0,20 – 0399 seperti yang terdapat dalam label interprestasi koefisien korelasi. Sedangkan sisahnya 68,3% dipengaruhi oleh hal-hal lain. Dengan demikian hipotesis diterima. Tingkat hubungan  antara lingkungan keluarga terhadap keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi dalam kategori rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasbullah. (2011). Dasar- Dasar Ilmu Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Hidayatul Quran Kuningan.

Kurniawan, A., Damanik, B.A.R., Asroni, A., Sastraatmadj, A.H.M., Hapsari, S., dan Makruf, S.A., (2022). Model Pembelajaran Inovatif. PT. Global Eksekutif Teknologi.

Munanda, Nurillah Kris. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negri 1 Lubuk Dalam Kabupaten Siak. Fakultas Agama Islam. Universitas Islam Riau.

Ovan, dan Andika S. (2020). Aplikasi Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Purwanto, M. Ngalim. (2011). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Putri, T. Yuana. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Minat Belajar Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas X di SMK N 3 Sukoharjo. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rosyidah, M., dan Fijra, R. (2021). Metode Penelitian. Deepublish Publisher.

Rumiyati. (2021). Model Talking Stick Sebagai Upaya Peningkan Kreativitas dan Hasil Belajar. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Sinar. (2018). Metode Active Learning. CV. Budi Utama.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif di Lengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Kencana.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumanto. (2022). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. CV. Andi Offset.

Downloads

Published

2023-11-14