Pengaruh Harga Diskon dan Promo Gratis Ongkir Pada Penggunaan Tiktok Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Malikussaleh)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga diskon dan gratis ongkir terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Ekonomi Syari’ah Univeritas malikussaleh. Sejauh mana mahasiswa mengetahui tentang diskon, dan gratis ongkir yang di dapatkan apakah sudah dijalankan sesuai syariat Islam atau tidak. Nyatanya banyak hal-hal kecil yang berdampak pada perilaku konsumtif yang berasal dari apa yang mereka gunakan atau mereka konsumsi baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 473 mahasiswa. Dengan sampel sebanyak 82 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan membagikan kuesioner. Jenis penelitiannya yaitu kuantitatif dengan menggunakan metode purpose sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan program aplikasi Statistical For Social Scince (SPSS). Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa diskon secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Nilai t hitung untuk variabel Diskon diperoleh sebesar -213, dengan tingkat signifikan 0,832. Sedangkan nilai t tabel sebesar 1,990. Gratis ongkir secara parsial berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif terhadap mahasiswa. Nilai t hitung untuk variabel Gratis Ongkir diperoleh sebesar 4,148, dengan tingkat signifikan 0,000. Sedangkan nilai t tabel sebesar 1,990. Berdasarkan uji f diketahui bahwa variabel diskon dan gratis ongkir secara signifikan berpengaruh dalam perilaku konsumtif mahasiswa. Angka R Square sebesar 17,2 menunjukkan bahwa 17,2% variabel Diskon dan gratis ongkos kirim mampu menerangkan variasi variabel perilaku konsumtif Mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Malikussaleh sebesar 17,2  sisanya sebesar 83,8 atau 83,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.