PENGARUH PELAYANAN TENAGA PENDIDIK DAN KUALITAS FASILITAS PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN SANTRI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH
Abstract
Penulisan ini dilatarbelakangi oleh pemahaman bahwa pelayanan tenaga pendidik dan kualitas fasilitas pendidikan memiliki peran penting bagi lembaga pendidikan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang baik sehingga dapat meningkatkan kepuasan santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan tenaga pendidik dan kualitas fasilitas pendidikan terhadap kepuasan santri Pondok Pesantren Assalam Naga Beralih dalam perspektif ekonomi syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, lokasi penelitian ini di Pondok Pesantren Assalam Naga Beralih dengan populasi sebanyak 306 orang, dengan sampel sebanyak 77 orang. Teknik pengambilan sampel adalah Stratified Random Sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 26. Hasil penelitian ini pada uji-t diperoleh bahwa variabel pelayanan tenaga pendidik menunjukkan bahwa H1 diterima, sedangkan pada variabel kualitas fasilitas menunjukkan bahwa H2 diterima. melalui uji-f diperoleh Fhitung 29,679 ˃ FtabeL 3,119 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 ˂ 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H3 diterima artinya variabel pelayanan tenaga pendidik dan kualitas fasilitas pendidikan secara simultan berpengaruh terhadap variabel kepuasan santri. Uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa nilai R2 sebesar 0,430. Artinya besarnya pengaruh pelayanan tenaga pendidik dan kualitas fasilitas pendidikan terhadap kepuasan santri sebesar 43% dan sisanya 57% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penilitian ini. Tinjauan ekonomi syariah terhadap pelayanan tenaga pendidik dan kualitas fasilitas pendidikan pada kepuasan santri telah menerapkan sesuai prinsip syariah.