PENGARUH PELAYANAN TENAGA PENDIDIK DAN KUALITAS FASILITAS PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN SANTRI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

Penulis

  • Nella Ardini UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU
  • Wali Saputra UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Muslim UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Kata Kunci:

Pelayanan Tenaga Pendidik, Kualitas Fasilitas Pendidikan, Kepuasan Santri

Abstrak

Penulisan ini dilatarbelakangi oleh pemahaman bahwa pelayanan tenaga pendidik dan kualitas fasilitas pendidikan memiliki peran penting bagi lembaga pendidikan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang baik sehingga dapat meningkatkan kepuasan santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan tenaga pendidik dan kualitas fasilitas pendidikan terhadap kepuasan santri Pondok Pesantren Assalam Naga Beralih dalam perspektif ekonomi syariah.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, lokasi penelitian ini di Pondok Pesantren Assalam Naga Beralih dengan populasi sebanyak 306 orang, dengan sampel sebanyak 77 orang. Teknik pengambilan sampel adalah Stratified Random Sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 26.

Hasil penelitian ini pada uji-t diperoleh bahwa variabel pelayanan tenaga pendidik menunjukkan bahwa H1 diterima, sedangkan pada variabel kualitas fasilitas menunjukkan bahwa H2 diterima. melalui uji-f diperoleh Fhitung 29,679 ˃ FtabeL 3,119 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 ˂ 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H3 diterima artinya variabel pelayanan tenaga pendidik dan kualitas fasilitas pendidikan secara simultan berpengaruh terhadap variabel kepuasan santri. Uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa nilai R2 sebesar 0,430. Artinya besarnya pengaruh pelayanan tenaga pendidik dan kualitas fasilitas pendidikan terhadap kepuasan santri sebesar 43% dan sisanya 57% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penilitian ini. Tinjauan ekonomi syariah terhadap pelayanan tenaga pendidik dan kualitas fasilitas pendidikan pada kepuasan santri telah menerapkan sesuai prinsip syariah.

 

Referensi

Anam, Choiril. “E-Money (Uang Elektronik) dalam Perspektif Hukum

Casvi, Pengaruh Pengetahuan, Lingkungan Sosial, dan Lokasi Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Santri di Bank Syariah, (Demak: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, 2019.

Fransina Latumahina, Frenly Syahailatua, Zendra Solissa, Venty Junita Soselisa, dkk., Mengukir Pengabdian di Negeri Ihamahu Indramayu: CV. Adanu Abimata, 2020.

Hariyati, Moh. Statistik Pendidikan Jakarta:PT. Prestasi Pustakaraya, 2009.

Panjawa dan RR Retno Sugiharti, Pengantar Ekonometrika Dasar Teori dan Aplikasi Praktis Untuk Sosial-Ekonomi, Magelang: Pustaka Jihad Lukis Rumah Cinta, 2020.

Jonathan Sarwono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Cet-1, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Kompri, Manajemen Sekolah Teori dan Praktik, Bandung: Alfabeta, 2014.

Kusasi, Manajemen Pesantren, Jawa Tengah: Lekeisha, 2023.

Nasuka, Membangun Kepuasan Pelanggan Bank Syariah Pendekatan Konsep Islamic Marketing, Jawa Barat: Goresan Pena, 2016.

Ratnasari dan Mastuti, Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa, Bogor: Ghalia Indonesia, 2016.

Thuang, “Pengaruh Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi”, Jurnal Bima Manajemen, Vol. 8, No. 1, 2019.

Widyarini dan Mu’ti Rohmah, Pengaruh Persepsi Biaya, Lokasi, Fasilitas, Lingkungan, Figur Pengasuh dan Metode Belajar Terhadap Kepuasan Santri Tinggal di Pondok Pesantren”, Jurnal Az-Zurqa, Vol. 6, No. 1, 2014.

Unduhan

Diterbitkan

22-07-2023

Cara Mengutip

Ardini, N., Saputra, W. ., & Muslim. (2023). PENGARUH PELAYANAN TENAGA PENDIDIK DAN KUALITAS FASILITAS PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN SANTRI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH . Journal of Sharia and Law, 2(3), 745–756. Diambil dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/jurnalfsh/article/view/1175