EVALUASI PENERAPAN MODEL BLANDED LEARNING DI ERA PANDEMI COVID-19 UNTUK MENGETAHUI SIKAP DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PAI DI SDN PAGENDINGAN 2 GALIS PAMEKASAN

Abstract

Pandemi Coronavirus yang melanda dunia, termasuk Indonesia, telah mengubah tuntutan akan eksistensi manusia, baik di bidang masalah pemerintahan, ekonomi, persekolahan, dll. Bidang pendidikan, terjadi perubahan dalam hal pembelajaran. Semula pembelajaran dilaksanakan dengan tatap muka. Namun, adanya virus korona pembelajaran dilakukan dengan model blanded learning atau pembelajaran daring, begitu juga dengan pendidikan agama Islam. Model blanded learning sebenarnya sudah dilakukan oleh sebagian sekolah maju. Model tersebut massif dilaksanakanĀ  saat terjadinya covid 19 atas instruksi negara bertekad untuk memutus rantai penyebaran infeksi. Berdasarkan kondisi tersebutĀ  kami melakukan penelitian di SDN Pagendingan 2 untuk mengevaluasi model blanded learning atau pembelajaran daring yang dilaksanakan di sekolah tersebut. Metode penelitian menggunakan wawancara pada guru agama di SDN Pagendingan tentang model blanded learning atau pembelajaran daring. Atas hasil wawancara tersebut kami menyimpulkan bahwa model blanded learning kurang maksimal dan kurang efektif meskipun juga terdapat sisi kelebihannya. Kata kunci: Evaluasi, Model Blanded Learning, Sikap dan Hasil Belajar