Implementasi Moderasi Beragama Di Lingkungan Sekolah Dasar
Abstract
Penguatan moderasi beragama dalam ranah pendidikan menjadi sebuah keniscayaan. Hal itu dikarenakan siswa Sekolah Dasar ialah anak yang sedang dalam tahap yang akan berusaha memahami dan mengetahui serta mulai mampu membedakan antara sebuah kebaikan dan keburukan. Artikel ini menggunakan metode studi pustaka dengan deskriptif analisis terhadap buku-buku atau pun jurnal dan artikel yang signifikan dengan tema yang diangkat. Kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa siswa Sekolah Dasar adalah siswa yang menghadapi transformasi secara drastis dari mental dan fisiknya. Mereka mempunyai masalah emosional yang parah apabila tidak diterima dalam lingkungan sekolah maupun lingkungan pertemanannya. Dan ini menjadi bukti bahwa mereka masih polos sehingga gampang dipengaruhi dan mereka hanya di dominasi oleh peran gurunya. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk membuat landasan yang kokoh pada perkembangan keilmuannya, anak-anak sekolah dasar harus dijiwai dengan cita-cita moderasi Islami. Dimulai dengan perlunya menanamkan cita-cita keagamaan pada siswa, dengan memperhatikan hal-hal berikut: 1) Nilai keimanan, 2) Nilai ibadah, dan 3) Nilai akhlak. Dan setelah itu, mereka akan lebih mudah menerima dan memahami tentang makna moderasi beragama dan nilai-nilai serta prinsip-prinsip penerapannya.