Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kinerja Penjualan Gedung Pertemuan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji: (1) pengaruh antara kemampuan inovasi terhadap kinerja penjualan gedung pertemuan, (2) pengaruh antara harga terhadap kinerja penjualan gedung pertemuan, (3) pengaruh antara suasana gedung pertemuan terhadap kinerja penjualan gedung pertemuan, (4) pengaruh kemampuan inovasi, harga dan suasana gedung secara simultan terhadap kinerja penjualan gedung pertemuan di Grha Sarina Vidi Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang bekerja di Departemen Human Resources dan General Affair (HR&GA) Gedung Grha Sarana Vidi Yogyakarta dengan jumlah keseluruhan sebanyak 170 orang. Sampel dalam penelitian adalah karyawan di Grha Sarana Vidi Yogyakarta yang berjumlah 114 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan menggunakan tabel penentuan jumlah sampel dari populasi yang dikembangkan dari Isaac dan Michael. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja penjualan gedung pertemuan di Grha Sarina Vidi Yogyakarta. Sehingga H1 dalam penelitian ini diterima, (2) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja penjualan gedung pertemuan di Grha Sarina Vidi Yogyakarta. Sehingga H2 dalam penelitian ini diterima, (3) Suasana gedung pertemuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja penjualan gedung pertemuan di Grha Sarina Vidi Yogyakarta. Sehingga H3 dalam penelitian ini diterima, dan (4) Kemampuan inovasi, harga dan suasana gedung pertemuan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja penjualan gedung pertemuan di Grha Sarina Vidi Yogyakarta. Sehingga H4 dalam penelitian ini diterima.