Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kinerja Penjualan Gedung Pertemuan

Studi di Grha Sarina Vidi Yogyakarta

Authors

  • Sri Sulasmi STIPRAM
  • Nining Yuniati STIPRAM
  • Aldi Wisnumurti Sarwono STIPRAM

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v2i5.1494

Keywords:

Grha Sarina Vidi, Gedung Pertemuan, Faktor – Faktor Penjualan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji: (1) pengaruh antara kemampuan inovasi terhadap kinerja penjualan gedung pertemuan, (2) pengaruh antara harga terhadap kinerja penjualan gedung pertemuan, (3) pengaruh antara suasana gedung pertemuan terhadap kinerja penjualan gedung pertemuan, (4) pengaruh kemampuan inovasi, harga dan suasana gedung secara simultan terhadap kinerja penjualan gedung pertemuan di Grha Sarina Vidi Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang bekerja di Departemen Human Resources dan General Affair (HR&GA) Gedung Grha Sarana Vidi Yogyakarta dengan jumlah keseluruhan sebanyak 170 orang. Sampel dalam penelitian adalah karyawan di Grha Sarana Vidi Yogyakarta yang berjumlah 114 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan menggunakan tabel penentuan jumlah sampel dari populasi yang dikembangkan dari Isaac dan Michael. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja penjualan gedung pertemuan di Grha Sarina Vidi Yogyakarta. Sehingga H1 dalam penelitian ini diterima, (2) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja penjualan gedung pertemuan di Grha Sarina Vidi Yogyakarta. Sehingga H2 dalam penelitian ini diterima, (3) Suasana gedung pertemuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja penjualan gedung pertemuan di Grha Sarina Vidi Yogyakarta. Sehingga H3 dalam penelitian ini diterima, dan (4) Kemampuan inovasi, harga dan suasana gedung pertemuan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja penjualan gedung pertemuan di Grha Sarina Vidi Yogyakarta. Sehingga H4 dalam penelitian ini diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akgün, AE, Byrne, JC & Lynn, GS et al., (2007). Pengembangan Produk Baru di Turbulen Lingkungan: Dampak Improvisasi dan Unlearning Pada Kinerja Produkb Baru. Jurnal Rekayasa dan Teknologi Manajemen, Vol. 24, No. 3, pp.203-230.

Alwi, T., Sunarso & Maidarti, R.T. (2019). Peningkatan Penjualan Melalui Eksebisi dan Sertifikasi Halal. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 21 (1): 63-72.

Berman, J.R & Evans, B. (2018). Retail Management A Strategic Approach. Edisi 13. United Kingdom: Pearson Education Limited.

Dunan, H., Antoni, M.R., Jayasinga, H.I., & Redaputri, A.P. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penjualan “Waleu” Kaos Lampung di Bandar Lampung. Jurnal Bisnis, Manajemen dan Informatika, 1 (1): 167-185.

Elwisam. (2019). Penerapan Strategi Pemasaran, Inovasi Produk Kreatif dan Orientasi Pasar Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4 (2): 277-286.

Emory. (1985). Business Research Methods. Richard D Irwin Inc.

Fitri, N. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan Gedung Pameran Oleh Event Organizer Di Kota Medan. Jurnal Administrasi Niaga, 1 (1): 1-22.

Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS, Edisi 5, Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Harian Tribun Jogja Tentang Jogjavaganza 2022, Edisi Minggu 27 Maret 2022.

Harsuko, R. (2011). Mendongkrak Motivasi dan Kinerja: Pendekatan Pemberdayaan SDM. Malang: UB Press.

Ilyas, Muh, I. F., Hamzah, D., Sumardi & Sanusi, A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Bisnis Industri Kreatif di Kota Makassar Indonesia. SEIKO: Journal of Management and Business, 5 (2): 16-31.

Kotler, P. (2016). Marketing Management. Jakarta: Prehallindo.

Kotler, P. & Armstrong. (2018). Prinsip-Prinsip Marketing, Edisi Ketujuh. Jakarta: Salemba Empat.

Lisma, N., Yonaldi, S., & Zulbahri, L. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kunjungan Wisatawan ke Objek Wisata Syariah di Sumatera Barat. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Program Studi Manajemen Universitas Negeri Padang, 8 (1): 1-15.

Lupiyoadi, R. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Minna , S. (2016). Performance Measurements Approach for Innovation Capability in SMEs. International Journal of Productivity and Performance Management, 65 (2): 162-176.

Minna, S. & Ukko, J. (2012). Sebuah Kerangka Konseptual Untuk Pengukuran Inovasi Kemampuan dan Dampaknya. Baltic Jurnal Manajemen, 7 (4): 355-375.

Neely, A., Filippini, R., Forza, C., Vinelli, A. & Hii, J. (2001). Sebuah Kerangka Kerja Untuk Kinerja Bisnis Menganalisis, Inovasi Pperusahaan dan Faktor Kontekstual Terkait: Persepsi Manajer dan Pembuat Kebijakan di Dua Wilayah Eropa. Integrated Manufacturing Systems, Vol. 12 No.2, pp. 114-124.

Nur Azizah, C., Primyastanto, M., & Abidin, Z. (2017). Pengaruh Kompetensi Pengetahuan Pemasaran dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kapabilitas dan Kinerja Pemasaran Usaha Kecil Menengah (UKM) Perikanan di Kota Malang Jawa Timur. Journal of Economic and Social Fisheries and Marine, 05 (01): 53-67.

O’Regan, N., Ghobadian, A. & Sims, M. (2006). Fast Tracking Innovation in Manufacturing SMEs. Technovation, Vol. 26 No. 2, pp. 251-261.

Pasaribu, F. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Strategi Bauran Pemasaran Biro Perjalanan Wisata. Seminar Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (SNEMA) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, 1(1): 164-174.

Phyra Sok, Aron O’Cass & Keo Mony Sok. (2013). Achieving Superior SME Performance: Overarching Role of Marketing, Innovation, and Learning Capabilities. Australasian Marketing Journal 21, 161-167

Priansa, D., J. (2017). Manajemen Kinerja Kepegawaian: dalam Pengelolaan SDM Perusahaan. Bandung: Pustaka Setia.

Purnomo, A.K. (2017). Pengaruh Cafe Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Gen Y Pada Old Bens Cafe. Jurnal Manajemen Maranatha, 16 (2): 133.

Saputra, R.H., & Suryoko, S. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Berkunjung Di Ekowisata Mangrove Pasarbanggi Kabupaten Rembang. Diponegoro Journal of Social and Politic, 1 (1): 1-7.

Seminar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Pada Tanggal 15 November 2019.

Setiawan, P.A. & Rastini, N,M. (2021). Open Access The Effect of Product Quality ,Service Quality and Atmosphere Stores on Customer Satisfaction and Its Impact on Repurchase Intention.” (4): 395–402.

Sismanto, A. (2006). Analisis Pengaruh Orientasi Pembelajaran, Orientasi Pasar dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Tesis. Program Pasca Sarjana Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro Semarang.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sujan, H., Weitz B., & Kumar, N. (2017). Learning Orientation, Working Smart and Effective Selling. Journal of Marketing, 58 (3): 39-52.

Tjiptono, F. & Chandra, G. (2016). Service, Quality & Satisfaction, Edisi 4. Yogyakarta: Andi Offset.

Umar, H. (2013). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali.

Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan.

Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja, Edisi Kelima. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Widiantari, Ni Kadek, D., & Trimurti, C.P. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wisatawan Menginap di Karma Royal Resort Candidasa Karangasem Bali. Jurnal Manajemen Universitas Dhyana Pura, 13 (1): 189-196.

Widodo. (2013). Peran Knowledge Sharing Terhadap Kinerja UKM Berbasis Sikap Kewirausahaan. Ekobis, 14 (2): 17-27.

Wirata, I.N. (2019). Pengaruh Product dan Price Terhadap Keputusan Pembelian Wedding Package di The Samaya Seminyak Bali. Jurnal Kepariwisataan, 18 (1): 9-17.

Yoeti O. A. (2016). Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata, Cetakan Ketiga. Balai Pustaka: Jakarta.

Zulkarnain, A. (2014). Pengaruh Event Servive Quality, Event Cost Dan Event Convienience Terhadap Event Gedung Satisfaction Di Jakarta Convention Centre. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 7 (2): 157-176.

Downloads

Published

2023-04-02

How to Cite

Sulasmi, S., Yuniati, N., & Wisnumurti Sarwono, A. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kinerja Penjualan Gedung Pertemuan : Studi di Grha Sarina Vidi Yogyakarta. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(5), 1739–1753. https://doi.org/10.56799/jim.v2i5.1494

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.