Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas VII MTS Negeri 3 Pekanbaru
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak melalui penggunaan media video kelas VII di MTs Negeri 3 Kota Pekanbaru. Permasalahan yang diangkat yaitu Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dapat Meningkatkan Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran Daring kelas VII.1 di MTs Negeri 3 Kota Pekanbaru. Desain atau rancangan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK adalah “suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama Prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimulai dengan siklus pertama yang terdiri dari empat kegiatan, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), refleksi (reflecting). Ada pun hasil penelitian diperoleh informasi bahwa pada pelaksanaan siklus I dari hasil observasi yang dilakukan selama proses pembelajaran menunjukan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa belum optimal. Namun terjadi peningakatan pada aktivitas belajar setelah dilakukan perbaikan- perbaikan pada siklus II dan siklus III. Dari hasil penelitian dapat disimpulakan penerapan metode dring dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.1 MTsN 3 Kota Pekanbaru.