Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas VII MTS Negeri 3 Pekanbaru

Authors

  • Tuti Murni Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pekanbaru

Keywords:

Akidah Akhlah, Media Video, Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak melalui penggunaan media video kelas VII di MTs Negeri 3 Kota Pekanbaru. Permasalahan yang diangkat yaitu Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dapat Meningkatkan Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran Daring kelas VII.1 di MTs Negeri 3 Kota Pekanbaru. Desain atau rancangan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK adalah “suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama Prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimulai dengan siklus pertama yang terdiri dari empat kegiatan, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), refleksi (reflecting). Ada pun hasil penelitian diperoleh informasi bahwa pada pelaksanaan siklus I dari hasil observasi yang dilakukan selama proses pembelajaran menunjukan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa belum optimal. Namun terjadi peningakatan pada aktivitas belajar setelah dilakukan perbaikan- perbaikan pada siklus II dan siklus III. Dari hasil penelitian dapat disimpulakan penerapan metode dring dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.1 MTsN 3 Kota Pekanbaru.

Author Biography

Tuti Murni, Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pekanbaru

Website: www.stit-alkifayahriau.ac.id
Instagram: @stitalkifayahriau
Fanspage: Kampus STIT Al-Kifayah RIAU
Youtube: Media Al-Kifayah
Email: stitalkifayahriau@gmail.com

References

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian.Jakarta: Rineka Cipta.

Azhar Arsyad. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Elan, dkk. (2017). Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan kemampuan Mengenal Bentuk Geometri. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 66-75. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.39

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum. 21(1), 2579–4248. https://doi.org/doi: 10.21831/hum.v21i1. 38075. 33-54.

Hamalik, Oemar, 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Iskandar . (2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jakarta: Bestari.

Lubis, A. M., & Ismet, S. (2019). Metode Menghafal Alquran Pada Anak Usia Dini di Tahfidz Center Darul Hufadz kota Padang. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 8–14. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.30

Lufri.2007.Strategi Pembelajaran Biologi Teori, Praktek dan Penelitian.UNP. Press.Padang.

Sadiman Arief. (2008). Media Pembelajaran: Pengertian, Pengembangan dan. Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Syah, Muhibbin (2010) Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru.Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Tuti Murni. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas VII MTS Negeri 3 Pekanbaru. Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 1(1), 103-112. Retrieved from https://ejournal.stit-alkifayahriau.ac.id/index.php/alkifayah/article/view/135