Usaha Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menangani Kenakalan Pada Siswa Kelas III Di UPT SD Negeri 019 Muara Uwai Bangkinang

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk kenakalan siswa kelas III SDN 019 Muara Uwai Bangkinang Kabupaten Kampar dan upaya guru pendidikan agama Islam dalam menangani kenakalan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian tersebut melibatkan guru Pendidikan Agama Islam kelas III dan siswa kelas III di UPT SD Negeri 019 Muara Uwai Bangkinang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis datanya bersifat deskriptif kualitatif, yaitu: pengumpulan data sekaligus reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa bentuk-bentuk kenakalan siswa adalah: bermaian-main di dalam kelas, payah diatur, suka menganggu teman, mengejek teman, mencontek saat ujian atau ulangan dan rebut saat jam pelajaran, berbicara kotor dan melawan guru. Bentuk kenakalan siswa yang dilakukan ini masih tergolong ringan. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru PAI untuk menangani kenakalan siswa dengan dua tahap. Pertama tindakan preventif yaitu: menghilangkan gejala-gejala pada siswa, menceritakan tokoh idola, menerapkan sanksi atau peraturan dengan prosedur yang jelas dan mengisi waktu kosong anak dengan baik. Kemudian tindakan kuratif yaitu: selalu mengajak siswa untuk istigfar, menesehati siswa, membetulkan kenakalan dan memuji siswa lain yang tidak melakukan kenakalan, konsultasi, kerja sama dan pemanggilan orang tua