Analisa Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Dan Kinerja Guru Di MTS Se-Rantau Kampar Kiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala madrasah, apa saja faktor-faktor penunjang dan penghambat peran kepala madrasah dalam meningkatkan manajemen mutu pendidikan dan kinerja guru di MTs Se-Rantau Kampar Kiri. Termasuk jenis penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif dan fenomenologik. Pengumpulan data diperoleh dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan dilengkapi dengan uji keabsahan. Adapun Teknik analisis data menggunakan prosedur yang meliput pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa peran kepala madrasah dalam meningkatkan manajemen mutu pendidikan dan kinerja guru diantaranya; (1) Menyusun perencanaan kurikulum yang akan diajarkan oleh guru; (2) Menata pengalaman belajar siswa; (3) Mengatur ketrampilan siswa dengan baik dalam studi keagamaan; (4) Menggalakan pustaka madrasah; (5) Memperkuat minat baca siswa; (6) Memperkuat prestasi siswa disegala bidang; (7) Menugaskan guru sesuai dengan keahliannya; (8) Memperhatikan perkembangan siswa yang diajarkan oleh guru tersebut; (9) Supervisi guru yang mengajar tersebut sekali dalam satu minggu; (10) Meningkatkan komitmen kerja bersama guru dalam belajar; (11) Memperdayakan semua elemen madrasah  untuk meningkatkan prestasi belajar; (12) Menyediakan sarana pra sarana untuk menunjang pendidikan; (13) Melakukan rapat evaluasi sekali dalam satu bulan; (14) Mengambil keputusan berdasarkan kesepakatan bersama majlis guru; (15) Menjalin komunikasi dengan semua komponen untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Kemudian faktor yang menunjang peran kepala madrasah yaitu; (1) Komunikasi; (2) Kebebasan; (3) Pengalaman kerja, sedangkan faktor penghambat dapat dikatakan tidak ada, karena semua faktor tersebut mampu disikapi oleh para kepala MTs di Rantau Kampar Kiri