Evaluasi Program Planing PLP II (Pengenalan Lapangan Persekolahan) : Menggunakan Model CSE-UCLA di PAUD
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesesuaian komponen program planing meliputi: kemampuan dosen pembimbing dalam membimbing mahasiswa PLP II, kemampuan guru pamong dalam membimbing mahasiswa PLP II. Dalam studi evaluasi ini, penulis menggunakan model evaluasi yang dikembangkan oleh Alkin, yaitu model CSE-UCLA. Model CSE-UCLA terdiri atas 5 tahap evaluasi: 1) system assessment, 2) program planing, 3) program implementation, 4) program improvement, dan 5) program certification. Namun dalam artikel ini penulis hanya melihat satu komponen evaluasi yaitu: program planing. Penelitian evaluasi ini dilaksanakan di IAIN Kendari, dan tempat pelaksanaan PLP II mahasiswa Program Studi PIAUD FTIK IAIN Kendari di TK Sultan Qaimuddin Kendari pada tahun 2022. Informan penelitian terdiri dari dosen pembimbing, guru pamong dan mahasiswa PLP II. Hasil penelitian pada komponen evaluasi program planning, aspek yang dievaluasi meliputi aspek kemampuan dosen pembimbing dan kemampuan guru pamong PLP II. Temuan pertama pada kemampuan dosen pembimbing data yang diperoleh baik melalui wawancara, data angket menunjukan tingkat kemampuan dosen pembimbing dalam membimbing mahasiswa berada pada kategori tinggi. Kedua, pada aspek kemampuan guru pamong dalam membimbing mahasiswa PLP II menunjukan kategori tinggi.