Evaluasi Program Planing PLP II (Pengenalan Lapangan Persekolahan) : Menggunakan Model CSE-UCLA di PAUD

Main Article Content

Aris Try Andreas Putra

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesesuaian komponen program planing meliputi: kemampuan dosen pembimbing dalam membimbing mahasiswa PLP II, kemampuan guru pamong dalam membimbing mahasiswa PLP II. Dalam studi evaluasi ini, penulis menggunakan model evaluasi yang dikembangkan oleh Alkin, yaitu model CSE-UCLA. Model CSE-UCLA terdiri atas 5 tahap evaluasi: 1) system assessment, 2) program planing, 3) program implementation, 4) program improvement, dan 5) program certification. Namun dalam artikel ini penulis hanya melihat satu komponen evaluasi yaitu: program planing. Penelitian evaluasi ini dilaksanakan di IAIN Kendari, dan tempat pelaksanaan PLP II mahasiswa Program Studi PIAUD FTIK IAIN Kendari di TK Sultan Qaimuddin Kendari pada tahun 2022. Informan penelitian terdiri dari dosen pembimbing, guru pamong dan mahasiswa PLP II. Hasil penelitian pada komponen evaluasi program planning, aspek yang dievaluasi meliputi aspek kemampuan dosen pembimbing dan kemampuan guru pamong PLP II. Temuan pertama pada kemampuan dosen pembimbing data yang diperoleh baik melalui wawancara, data angket menunjukan tingkat kemampuan dosen pembimbing dalam membimbing mahasiswa berada pada kategori tinggi. Kedua, pada aspek kemampuan guru pamong dalam membimbing mahasiswa PLP II menunjukan kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Try Andreas Putra, A. (2023). Evaluasi Program Planing PLP II (Pengenalan Lapangan Persekolahan) : Menggunakan Model CSE-UCLA di PAUD. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 11-20. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.158
Section
Articles

References

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Buku Pedoman PLP II FTIK. Kendari: IAIN Kendari, 2020.

A. H. Hashona, “Kajian Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang,” Cendekia J. Kependidikan dan Kemasyarakatan, vol. 12, no. 2, p. 333, Jan. 2016, doi: 10.21154/cendekia.v12i2.232.

A. Y. Gelu, “Evaluasi Program Pembinaan Pelatihan Daerah (PELATDA) Cabang Olahraga Shorinji Provinsi NTT Tahun 2016,” J. Terap. Ilmu Keolahragaan, vol. 4, no. 1, pp. 40–51, May 2019, doi: 10.17509/jtikor.v4i1.10149.

A. Anisah, M. Sari, N. U. Nasution, M. S. Siraj, R. Efendi, and W. Wardani, “Konsep Evaluasi Program Supervisi Pendidikan di MTs Al-Khairiyah,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 6, no. 3, pp. 13548–13552, Jun. 2022, doi: 10.31004/jptam.v6i3.4471.

A. T. Andreas Putra, R. Zarita, and N. Nurhafidah, “Evaluasi Program Pendidikan Agama Islam Menggunakan Model Evaluasi CIPP,” Zawiyah J. Pemikir. Islam, vol. 7, no. 2, p. 20, Dec. 2021, doi: 10.31332/zjpi.v7i2.3459.

R. Habil and M. Aulina, “Program BBC (Belajar Bermain Cermat) Mahasiswa dalam Membangkitkan Semangat Belajar Siswa di Keluruhan Galang Kota,” J. Abdimas Indones., vol. 2, no. 1, pp. 106–111, Mar. 2022, doi: 10.53769/jai.v2i1.193.

F. M. Bako, F. Masrurah, F. Tuli, and D. Arifah, “Pengawasan dan Evaluasi Program Bahasa Arab di Pondok Pesantren,” Arab. J. Arab. Stud., vol. 3, no. 1, p. 61, Jun. 2018, doi: 10.24865/ajas.v3i1.72.

A. Try Andreas Putra, “Evaluation of Learning and Training of Language: By Roi Evaluation Model,” LANGKAWI, vol. 2, no. 2, pp. 173–186, 2016, doi: 10.31332/lkw.v2i2.461.

D. F. Handika and A. Darmiyati, “Refleksi Pendidikan Karakter Islam dalam Membentuk Insan Kamil Di Mtsn 4 Karawang,” J. Educ. Dev., vol. 10, no. 1, pp. 379–385, 2022, [Online]. Available: http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3467%0Ahttp://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/3467/2232

M. Mahmud, “Pengaruh Praktek Pengalaman Lapangan Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Profesional di Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo,” J. Pendidikan, Sos. dan Budaya, vol. 4, no. 1, pp. 89–96, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/69

V. Aulia, “Implementasi Keterampilan Mengadakan Variasi pada Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Banjarmasin,” J. Mitra Manaj., vol. 2, no. 5, pp. 505–521, Sep. 2018, doi: 10.52160/ejmm.v2i5.155.

Nurhidayah, “Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) PGTK Darunnajah,” http://Darunnajahkindergarter.com, 2009. http://darunnajahkindergarter.com

S. Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.

C. P. Bhakti and I. Maryani, “Peran LPTK dalam Pengembangan Kompetensi Pedagogik Calon Guru,” J. Pendidik. (Teori dan Prakt., vol. 1, no. 2, p. 98, Jan. 2017, doi: 10.26740/jp.v1n2.p98-106.

P. Hidayat, “Evaluasi Program Magang Mahasiswa PGSD Di Sekolah Dasar,” Pros. Semin. Nas. Pendidik., vol. 2, no. 13, p. 365, 2017, [Online]. Available: http://hdl.handle.net/11617/9131

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rossdakarya, 2013.

E. Kareviati, “Perspektif Guru Pamong Terhadap Kompetensi Mahasiswa PPL Pada Sekolah Menengah Pertama Di Cimahi,” J. Profesi Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 172–178, 2022, doi: 10.22460/jpp.v1i2.15037.

E. A. Syadiah, S. Handayani, and M. N. Handayani, “Pengaruh Bimbingan Guru Pamong terhadap Penerapan Kompetensi Guru Kejuruan,” EDUFORTECH, vol. 2, no. 2, Aug. 2018, doi: 10.17509/edufortech.v2i2.12412.

A. Try Andreas Putra, “Evaluasi program pendidikan: Pendekatan evaluasi program berorientasi tujuan (Goal-oriented evaluation approach),” Shautut Tarb., vol. 18, no. 1, pp. 55–68, 2012, doi: 10.31332/str.v18i1.65.

I. M. Wiratnyana, I. M. Yudana, and D. G. H. Divayana, “Evaluasi pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter,” J. Adm. Pendidik. Indones., vol. 11, no. 2, pp. 139–148, 2020, doi: 10.23887/japi.v11i2.3427.

D. I. Yeni, H. Wulandari, and E. Hadiati, “Pelaksanaan Program Pemberian Makanan Sehat Anak Usia Dini : Studi Evaluasi Program CIPP,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 2, pp. 1–15, 2020, doi: 10.37985/murhum.v1i2.9.