Perbandingan Hasil Belajar Mahasiswa Masukan SMA dengan Sarjana pada Mata Kuliah Praktikum IPA di SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar pada mata kuliah Praktikum IPA di SD untuk mahasiswa masukan SMA (AKPMM) dan masukan sarjana (MS). Metode yang digunakan ialah studi komparatif dengan menggunakan bantuan SPSS. Sampel yang digunakan terdiri dari 80 dari total populasi sebanyak 405 mahasiswa dari 9 kelompok belajar (pokjar) yang tersebar di wilayah Jawa Barat. Teknik pengambilan data dilakukan dengan dokumen hasil rekapitulasi nilai mata kuliah Praktikum IPA di SD pada semester 2022.1. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan antara hasil belajar dalam mata kuliah praktikum baik pada masukan SMA maupun sarjana. Faktor yang menyebabkan tidak adanya perbedaan hasil belajar ialah sifat dari praktikum yang dilakukan merupakan aplikasi dari konsep-konsep IPA dasar dan praktikum bisa dilakukan dengan menggunakan alat-dan bahan yang dapat ditemukan di lingkungan sekitar.