Implikasi Pembiasaan Pembacaan Asmaul Husna Terhadap Perilaku Peserta Didik
Abstract
Maraknya kasus-kasus perilaku generasi muda saat ini mengindikasikan penurunan kualitas moral dan akhlak sehingga perlu upaya nyata untuk menanamkan nilai agama sebagai salah satu solusi dari permasalahan yang terjadi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi pembiasaan pembacaan asmaul husna terhadap perilaku peserta didik di SMP IBS Nur Shofin Natar Lampung Selatan. Pada penelitian ini, digunakan pendekatan bersifat deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Data yang diperoleh menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun keabsahan data diuji menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembacaan asmaul husna terhadap perilaku peserta didik kelas VIII SMP IBS Nur Shofin Natar sudah berjalan dengan baik dan konsisten. Pelaksanaannya yaitu seusai sholat dhuha berjamaah di Masjid Nurul Iman dengan alat bantu pengeras suara. Bagi siswa yang tidak mengikuti kegiatan akan dikenakan hukuman, sehingga peserta didik tertib melaksanakan kegiatan dan menunjukkan peningkatan kualitas perilaku peserta didik menjadi lebih baik. Kesimpulannya, perilaku peserta didik dapat dikatakan telah mencerminkan asmaul husna yang mereka baca setiap hari. Dalam pelaksanaannya, ditemukan faktor pendukung dan penghambat yang sama-sama berasal dari peserta didik dan dari luar peserta didik.