PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMAHAMKAN ARTI PENTING BELAJAR

Abstract

Kesulitan belajar merupakan salah satu gangguan proses pemahaman dalam konsep belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana peran guru bimbingan konseling khususnya mengenai masalah belajar dan memahamkan arti penting belajar pada siswa kelas VIII di SMP Colombo Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi fenomenologi. Penelitian fenomenologi mencoba menjelaskan atau mengungkap makna konsep atau fenomena pengalaman yang didasari oleh kesadaran yang terjadi pada beberapa individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru bimbingan konseling sangat penting, hal itu dilihat dari hasil wawancara pada siswa dan guru bimbingan konseling kelas VIII. Guru bimbingan konseling sebagai fasilitator dan pembimbing anak didik untuk bagaimana mengarahkan belajar yang efektif dan berkualitas terutama pada anak yang sedang mengalami kesulitan belajar.