Pengaruh Biaya Pemasaran dan Pengelolaan Agen Terhadap Penambahan Nasabah Di PT. Asuransi Jiwasraya (Persero)

Abstract

Penelitian ini mengkaji masalah tentang pengaruh biaya pemasaran dan pengelolaan agen terhadap penambahan nasabah baru di PT. Asuransi Jiwasraya (persero) Cabang Palu serta dari kedua variabel tersebut manakah yang paling berpengaruh terhadap penambahan nasabah baru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 522 orang dengan jumlah sampel 84 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik dengan menggunakan rumus Slovin. Data yang diperoleh melalui Teknik observasi dan penyebaran angket. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa biaya pemasaran dan pengelolaan agen berpengaruh positif dan signifikan terhadap penambahan nasabah baru. Nilai koefisien detreminasi (R2) menunjukkan bahwa variabel independent (biaya pemasaran dan pengelolan agen) yang diteliti mampu menjelaskan 3,81% pengaruhnya terhadap variabel dependen (penambahan nasabah pada PT. Asuransi Jiwasraya (persero) Cabang Palu), sedangkan sisanya 96,19% dijelaskan oleh variabel lain. Kesimpulan yang diperoleh disarankan agar PT. Asuransi Jiwasraya (persero) Cabang Palu, selain memberikan bonus dan komisi, sebaiknya juga memberikan intensif yang tidak terlalu tinggi setiap bulannya. Hal ini dimaksudkan agar Agen memiliki komitmen tinggi terhadap perusahaan Asuransi Jiwasraya, Sehingga, nantinya dapat meningkatkan penjualan polis Asuransi Jiwasraya (persero) Cabang Palu.