Perencanaan Peningkatan Kemampuan Kinerja Guru Dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis

Abstract

Guru sebagai pendidik memiliki tanggung jawab dalam membimbing generasi muda menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Guru sebagai tenaga pendidik memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat erat kaitannya dengan usaha peningkatan kualitas sumber daya manusia. Oleh sebab itu, diperlukan upaya dalam meningkatkan mutu guru untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional dengan melakukan pembinaan secara berkala dan berkesinambungan, memberikan penataran, pelatihan, dan membuka kesempatan untuk menambah ilmu bagi guru yang ingin memperkuat pemahaman dan intelektualnya. Namun juga memperhatikan guru dari segi peningkatan disiplin, pemberian motivasi, dan pemberian bimbingan melalui supervisi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menggambarkan pelaksanaan supervisi klinis dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini dan instrumennya menggunakan panduan wawancara dan praktik langsung dari peneliti. Teknik Pengumpulan data dengan teknik wawancara dan observasi ke lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelakasanaan supervisi klinis dapat meningkatan kinerja guru dalam proses pembelajaran di sekolah dasar.