Analisis Strategi Pemasaran Hotel Yang Berbasis Syariah Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam Dan Marketing Syariah

Abstract

Hotel Syariah merupakan konsep baru dalam dunia perhotelan yang ada di Indonesia. Hal itu dilakukan bermula dari kesadaran orang Islam untuk menerapkan aturan Islam dalam dunia perhotelan. Tujuannya adalah menjauhkan orang dari perilaku yang tidak dibenarkan oleh agama. Apalagi, sebagaimana diketahui bahwa mayoritas penduduk di Indonesia adalah muslim. Maka, tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran hotel yang berbasis syariah, apakah sesuai dengan etika bisnis Islam dan pemasaran syariah. Dari analisa yang dilakukan menunjukkan bahwa Hotel Wali Songo Surabaya telah menerapkan konsep etika bisnis Islam dan pemasaran syariah. Hal itu ditunjukkan dengan melaksanakan konsep tauhid, keadilan dan ihsan dalam etika bisnis Islam serta melaksanakan empat karakteristik marketing syariah yaitu, ketuhanan (rabbaniyah), etis (akhlaqiyah), realistis (waqi’iyyah) dan humanistik (insaniyyah).