Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Tingkat Transaksi Jual Beli Di Pasar Tradisional
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan zaman yang ditandai dengan perkembangan ekonomi yang semakin pesat sehingga menimbulkan persaingan bisnis yang semakin tinggi. Dengan persaingan yang begitu tinggi untuk meningkatkan tingkat penjualan, pelaku bisnis kadang menggunakan segala cara sehingga sering mengabaikan etika dalam menjalankan bisnisnya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan etika bisnis Islam terhadap tingkat transaksi jual beliĀ dan Untuk mengetahui besar nilai pengaruh penerapan etika bisnis Islam terhadap tingkat transaksi jual beli di pasar desa Kapas Bojonegoeo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Sampel dalam penelitian ini 64 pedagang. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan pengambilan sampel secara acak. Metode pengumpulan data dengan cara wawancara, kuesioner, dan riset internet. Analisis datanya bersifat deskriptif analisis dimana data yang diperoleh dianalisis dan disajikan dalam bentuk tabel kemudian diberikan penjelasan dan kesimpulan dari setiap tabel. Berdasarkan hasil observasi dan kuesioner yang diperoleh dari para pedagang diperoleh hasil bahwa Etika Bisnis Islam berpengaruh terhadap Tingkat Jual Beli sebesar 98,2%