IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PAI

Abstract

Pendekatan saintifik merupakan pendekatan pembelajaran menggunakan prinsip ilmiah. artinya peserta didik berperan lebih aktif di dalam kelas. Hal tersebut sesuai dengan kurikulum 2013 yang telah merancang seluruh aspek dalam pembelajaran. Tujuan penelitian : (1) untuk mengetahui desain pembelajaran berbasis saintifik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI IPA 2; (2) untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran berbasis saintifik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dikelas XI IPA 2; (3) untuk mengetahui penilaian berbasis saintifik yang dilakukan guru PAI pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dikelas XI IPA 2. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik penelitian wawancara, observasi, dokumentasi, dan teknik uji kabsahan data dengan triangulasi sumber. Teori yang digunakan regulasi pendidikan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pembelajaran yang terdiri dari desain pembelajaran yang digunakan, proses pelaksanaan pembelajaran, serta penilaian yang dilakukan pendidik. Hasil penelitian : (1) Desain pembelajaran yang digunakan guru PAI di kelas XI IPA 2 sudah sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu dengan menggunakan desain pembelajaran saintifik; (2) Proses pelaksaaan pembelajaran berbasis saintifik tidak terealisasikan; 3) Penilaian yang dilakukan guru PAI di kelas XI IPA 2 dalam pembelajaran PAI belum tercapai seluruhnya.