STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMK IT AL JUNAEDIYAH

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa data dan fakta. Pertama, masih banyak kasus kekerasan yang melibatkan atau terjadi kepada anak; kedua, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu upaya penting yang harus terus dilakukan dalam meningkatkan kualitas pendidikan; ketiga, SMK IT Al Junaediyah memiliki program yang menarik dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi SMK IT Al Junaediyah dalam mewujudkan lulusan yang berdaya saing global. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan proses analisis meliputi: data reduction, data display, dan data conclusing drawing/verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) program sekolah peradaban sebagai sebuah program yang dilaksanakan secara terpadu mencakup peningkatan kualitas sumber daya manusia, sarana-prasarana, kegiatan akademik dan nonakademik; 2) Strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, dilakukan melalui upaya peningkatan dalam aspek: 1) partisipasi orang tua; 2) pengelolaan kelas dan sekolah; 3) profesionalisme kepala sekolah dan guru; 4) insentif dan disinsentif; 5) keislaman; 6) keilmuan dan keterampilan; dan 7) kedisiplinan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi peningkatan mutu pendidikan melalui program sekolah peradaban sudah dilaksanakan dengan baik dan telah memiliki dampak yang sangat besar terhadap lulusan. Relevan dengan simpulan tersebut, maka peneliti merekomendasikan kepada sekolah untuk dapat segera memulai penerapan manajemen sekolah sesuai dengan standar internasional.