PEMBERDAYAAN ANAK YATIM PIATU DAN DLUAFA’ MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DI PANTI ASUHAN GUNA MENINGKATKAN LIFE SKILL PADA ANAK ASUH
Abstract
ABSTRAK Artikel ini membahas tentang pemberdayaan anak yatim piatu dan dluafa’ yang sering dianggap lemah dalam konstruk masyarakat secara umum. Tulisan ini di fokuskan pada proses pemberdayaan yang dilakukan melalui lembaga sosial, yaitu panti asuhan khusus anak yatim piatu dan dluafa’. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pemberdayaan anak yatim piatu dan dluafa’ melalaui pelatihan kewirausahaan serta bagaimana dampaknya terhadap kualitas life skill yang dimiliki oleh anak asuh. Penulisan artikel ini menggunakan metode literatur, yaitu serangkain kegiatan dengan cara pengumpulan data pustaka, membaca, dan mencatat, kemudian melakukan pengolahan sebagai bahan data, lalu menyajikannya dalam bentuk karya tulis ilmiah. Hasil dari pembahasan artikel ini menunjukkan bahwa proses pemberdayaan anak yatim piatu dan dan dluafa’ melalui pelatihan kewirausahaan dapat dilakukan panti asuhan dengan cara menerapkan beberapa progam kegiatan yang berbasis kewirausahaan yaitu pelatihan pelatihan kewirausahaan tersebut dapat meningkatkan life skill yang dimiliki oleh anak asuh yang kelak menjadi bekal ketika mereka hidup di tenga masyarakat