Pemberdayaan Brain Based Learning Dalam Pendidikan Anak

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi anak yang berada di lembaga pendidikan, dimana kemampuan berfikir kritis anak belum sesuai yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana strategi pengembangan brain based learning dalam upaya pemberdayaan potensi anak usia dini. Penelitian  ini  merupakan penelitian kepustakaan (library  research) dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif analisis terhadap tema-tema Brain based learning yang merupakan model pembelajaran yang sangat tepat diterapkan dalam pendidikan anak usia dini. Hasil telaah yang dilakukan menunjukan bahwa adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis anak yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan Brain Based Learning dengan anak yang mendapatkan pendekatan non brain based. Penelitian ini menyarankan agar pendekatan brain based learning dapat dijadikan alternatif sebagai salah satu pendekatan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berfikir anak serta menumbuhkan motivasi tinggi anak terhadap informasi yang ia terima.Kata kunci:   Brain Based Learning, Pendidikan, Anak AbstractThis study background is to examine childhood condition under education institution that critical discourse has not been applied yet. This study aims to examine brain based learning strategy for enhancing early childhood prospect. The research employs library research including descriptive method to analyze brain based learning fieldwork as a model of early childhood education. The result shows that there is distinction of critical thinking of students who utilize brain based learning method and non-brain based learning method. This study recommends teacher employs brain based learning as one of effective learning approach to enhance critical thinking student and increase student motivation towards received information.Keywords:      Brain Based Learning, Education, Childhood