UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ERA PANDEMI DI MTS ABADIYAH KURYOKALANGAN GABUS PATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi di MTs Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati. Jenis penilitian ini tergolong dalam penelitian lapangan (field research). Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data diantaranya metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan mereduksi data, mendeskripsikan dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian di MTs Abadiyah menunjukkan bahwa upaya para guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di masa pandemi diantaranya dengan terlebih dahulu mengkondisikan agar semua siswa dapat mengikuti pembelajaran di sistem daring, menggunakan metode pembelajaran yang variatif, menyelipkan humor agar siswa tidak bosan, bekerja sama dengan orang tua untuk selalu mengamati dan turut serta memberikan motivasi disaat siswa masuk waktu belajar. Masih seringnya siswa merasa malas karena tidak harusnya datang ke sekolah menjadi kendala bagi guru untuk selalu memotivasi belajar siswa. Selain itu kendala akses pembelajaran daring juga masih sering terkendala.