PENGARUH PERSEPSI PEDAGANG PASAR BANJARBARU TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH BANK SYARIAH

Abstract

AbstrakPerbankan Syariah dalam peristilahan internasional juga dikenal sebagai Islamic banking atau juga di sebut sebagai interest-free bankin. Seperti hal nya bank konvensional, bank syariah mempunyai fungsi utama yaitu menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali ke masyarakat serta memberikan jasa bank lainnya. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif  dengan populasi pedagang pasar Banjarbaru, berupa pedagang yang memiliki Toko  tetap dengan jumlah angket yang akan dibagikan kepada 30 orang. Berdasarkan hasil uji antara variabel X dan variabel Y diperoleh nilai Fhitung = 37,577 dengan nilai Ftabel pada df Reg = 1 dan df Res = 28 ditaraf 0,05 adalah 4,19, sedangkan nilai thitung sebesar 6,130 > ttabel 1,701 dengan signifikan 0,000 < 0,05. Maka variabel persepsi pada pasar Banjarbaru artinya berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan memiih bank      syariah. Sedangkan hasil perhitungan koefisien determinasi atau sumbangan efektifnya yaitu dengan cara mengkuadratkan hasil korelasi maka diperoleh R-Square (r2) sebesar 0,573 yang berarti berada pada hubungan pengaruh ditingkat kategori sedang. Kata Kunci : Persepsi, Pedagang, bank Syariah.