STRATEGI WARUNG TRADISIONAL DALAM MENGHADAPI EKSPANSI MINIMARKET MODERN DI BANJARMASIN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak perekonomian bagi warung tradisional terhadap ekspansi minimarket modern, dan mengetahui survival strategy yang dijalankan oleh warung-warung tradisional tersebut dalam menghadapi ekspansi minimarket modern di Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosioekonomi. Untuk teknik analisa digunakan metode SWOT untuk selanjutnya dilakukan interpretasi berdasarkn teori-teori yang sudah dikemukakan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi perubahan dalam omset dan varian barang jualan dari warung tradisional setelah adanya minimarket modern di lingkungannya. Seiring berjalannya waktu omset bisa kembali naik dengan strategi menjual barang-barang yang tidak dijual di minimarket modern, memberikan jasa layanan antar gratis, harga yang lebih murah karena mereka mampu menjual barang dengan satuan lebih kecil, meningkatkan pelayanan dengan jasa antar gratis, melayani dengan penuh akrab dan kekeluargaan.Kata kunci : Strategi, Warung, Ekspansi, Minimarket