IMPROVING STUDENTS' VOCABULARY MASTERY BY USING FLASHCARDS

Abstract

Nur Hikmah Laila, penelitian ini ditulis untuk mengungkapkan apakah pengajaran kosakata dengan menggunakan flashcard dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa dan untuk menggambarkan situasi kelas ketika flashcard diimplementasikan di kelas kosakata. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas tiga sekolah dasar di Ngemplak Boyolali. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data kualitatif diperoleh dari wawancara, kuesioner, buku harian guru, dan observasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) kartu flash dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa dalam semua aspek; mereka adalah (a) makna: siswa dapat memahami dan menghafal makna kata-kata; (B) pengucapan: siswa dapat mengucapkan kata dengan benar; (c) ejaan: siswa dapat menulis kata-kata; (D) penggunaan: siswa dapat menggunakan kata-kata dalam kalimat sederhana. (2) kartu flash dapat meningkatkan situasi kelas dalam belajar bahasa Inggris. Melalui pengajaran bahasa Inggris dengan menggunakan kartu flash, siswa menunjukkan peningkatan motivasi dan minat yang besar. Para siswa menjadi aktif terlibat dalam semua kegiatan kelas. Dari temuan penelitian ini, peneliti menyarankan bahwa guru Bahasa Inggris menerapkan kosakata untuk membantu siswa meningkatkan penguasaan kosakata mereka.