ACTING PLAY SCRIPT: A TECHNIQUE TO IMPROVE SPEAKING SKILLS THROUGH ENGLISH DRAMA FOR NON-ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS (A Case Study Of The First Semester Students Of Islamic Guidance And Counseling Major Of IAIN Surakarta)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah teknik Acting Play Script (APS) dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris mahasiswa; (2) menggambarkan sejauh mana teknik APS dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris mahasiswa; dan (3) menggambarkan respon mahasiswa terhadap penerapan teknik APS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas mata kuliah Bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris dengan teknik APS yang dilaksanakan bulan September sampai Desember 2018 di IAIN Surakarta dengan subject penelitian mahasiswa semester I jurusan Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Da’wah IAIN Surakarta, Tahun akademik 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistic deskriptif. Sementara data kualitatif menggunakan teknik Constant-comparative oleh Strauss and Glasser. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Penggunaan teknik APS dalam drama bahasa Inggris dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa inggris mahasiswa; (2) APS dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa inggris mahasiswa dalam hal: peningkatan prestasi dalam berbicara bahasa Inggris; b. peningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengekspresikan ide-ide dalam bentuk grammar dan kosa kata; dan meningkatkan pelafalan bahasa Inggris yang benar; (3) Respon mahasiswa terhdapan teknik APS pada kelas speaking adalah positif karena APS itu menyenangkan, menarik dan menantang. APS memberikan motivasi yang bagus dan meningkatkan semangangat para mahasiswa, jadi mereka termotivasi untuk berbicara bahasa Inggris.