Konstruksi Pesan Dan Pemaknaan Visual Dalam Video Marketing Campaign “Nike Pro Hijab” Dan “Noore Sport Hijab”
Abstract
Dalam penelitian ini, penulis memilih video pemasaran dari dua merek sportswear terkenal yaitu Nike dan Noore. Alasannya adalah kedua merek tersebut membuat hijab yang diperuntukkan kepada atlet muslimah yang berhijab, atau muslimah yang berhijab (hijabers) yang ingin beraktivitas olahraga. Penulis menggunakan analisis semiotika pada penelitian ini. Dengan menggunakan analisis semiotika penulis dapat mendeskripsikan video Nike “Pro Hijab” dan Noore sebagai strategi kampanye pemasaran kedua merek tersebut. Kemudian penulis mengkaitkan dengan pemaknaan tanda-tanda visual dari beberapa adegan pada setiap video di atas, untuk memahami fenomena yang diteliti, seperti perilaku, persepsi, dan tindakan dalam bentuk kata-kata. Dengan menggunakan metode analisis Roland Barthes, terdapat tiga makna dari pesan-pesan visual dalam video pemasaran Nike “Pro Hijab’ dan Noore, yaitu makna denotatif, konotatif, dan mitos.