UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) KURIKULUM 2013 MELALUI WORKSHOP DI TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN KERTAK HANYAR KABUPATEN BANJAR
Abstract
Minimnya kemampuan guru dalam menyususn RPPH Taman Kanak – Kanak kurikulum 2013 di TK Negeri Pembina Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar disebabkan perubahan kurikulum dan kurang waktu dalam bimbingan teknis serta padatnya materi yang dipelajari guru dalam bimbingan teknis kurikulum 2013 salah satunya pada penyusunan RPPH di Taman Kanak-Kanak. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan guru dalam menyusun RPPH kurikulum 2013 dapat meningkat dengan kegiatan workshop terbukti rerata kemampuan guru dalam menyusun RPPH kurikulum 2013 siklus I adalah 78%. Aktivitas kepala sekolah dalam workshop siklus I 74% terlaksana oleh kepala sekolah dan pada aktivitas guru dalam mengikuti workshop siklus I 86% guru aktif. Setelah direfleksi terjadi peningkatan pada siklus II rata – rata kemampuan guru dalam menyusun RPPH Kurikulum 2013 meningkat menjadi 89%, aktivitas kepala sekolah dalam melakukan workshop meningkat menjadi 95% terlaksana serta aktivitas guru selamaka kegiatan workshop dan bimbingan berkelanjutan 95% guru aktif. Dari analisis penelitian dapat disimpulkan dengan melalui workshop dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPPH kurikulum 2013 di TK Negeri Pembina Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten BanjarKata Kunci: Kompetensi Guru, RPPH Kurikulum 2013, Kegiatan workshop.