KETERAMPILAN PROSES PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MI/SD DAN SIKAP ILMIAH
Abstract
Abstrak Kondisi riil yang terjadi kebanyakan dilapangan karena kemampuan peserta didik yang rendah pada hasil belajar IPA, penggunaan pendekatan pembelajaran oleh guru yang menekankan konsep kreativitas sendiri dan mengkonstruksi pengetahuan ke dalam pikiran dengan menekankan proses daripada hasilnya. Hasil dari pngamatan berbagai teori pada tulisan ini, bahwa keterampilan proses Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) MI/SD sangat berkaitan dengan sikap ilmiah karena di dalam pembelajarannya sikap ilmiah harus dimiliki oleh setiap peseta didik yang akan melakukan kerja ilmiah. Pendekatan Keterampilan Proses Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dapat diartikan sebagai wawasan atau panutan pengembangan keterampilan intelektual, sosial dan fisik yang bersumber dari kemampuan-kemampuan mendasar yang pada prinsipnya ada dalam diri peserta didik. Sedangkan terkait sikap ilmiah memiliki peran yang penting dalam pembelajaran IPA di MI/SD, karena anak didik membangun gagasan baru sewaktu mereka berinteraksi dengan suatu gejala alam disekitarnya. Sikap Ilmiah harus dikembangkan oleh anak didik ataupun tenaga pendidik dalam proses pembelajaran agar terbentuk karakter yang dapat meningkatkan pengetahuan dalam menghadapi masalah-masalah dimasyarakat nantinya. Kata Kunci: Keterampilan, Proses, Ilmu Pengetahuan Alam MI/SD, Sikap Ilmiah.