PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI PENGELOLAAN DANA KAS KECIL MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN MELALUI APLIKASI GOOGLE CLASSROOM KELAS XI AKL 1 SMK NEGERI 1 MARTAPURA TAHUN 2020
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Martapura, dengan jenis penelitian yaitu "Penelitian Tindakan Kelas". Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI AKL 1 yang berjumlah 36 orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah aplikasi Google Clasroom. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada kondisi awal terdapat 21 orang dari 36 peserta didik atau sekitar (57%) yang tidak tuntas dan sebanyak 15 orang dari 36 peserta didik atau sekitar (43%) yang tuntas. Kemudian pada siklus I terdapat 25 orang dari 36 peserta didik atau sekitar (68%) yang tuntas dan sebanyak 11 orang dari 36 peserta didik atau sekitar (32%) yang tidak tuntas. Pada siklus II terdpat 33 orang dari 36 peserta didik atau sekitar (94%) sudah tuntas dan sebanyak 3 orang dari 35 peserta didik atau sekitar (6%) yang belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian mulai dari kondisi awal, siklus I dan siklus II sudah terjadi peningkatan yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan aplikasi Google Clasroom dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Materi Pengelolaan Dana Kas Kecil di kelas XI AKL 1 SMK Negeri 1 Martapura Tahun 2020Kata Kunci: Peningkatann, Hasil belajar, Dana, Google Classroom.