KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERENCANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN

Abstract

Abstrak Perencanaan evaluasi pembelajaran ini penting karena akan mempengaruhi langkah-langkah selanjutnya, bahkan mempengaruhi keefektifan prosedur evaluasi secara menyeluruh. Dari alasan inilah penulis ingin menulis sebuah hasil telaahan tentang  kompetensi guru dalam menyusun perencanaan evaluasi pembelajaran sehingga hasil telaahan ini bisa bermanfaat bagi guru dan mahasiswa. Hasil telaah yaitu ada beberapa langkah-langkah dalam perencanaan evaluasi pembelajaran yaitu 1) menentukan tujuan evaluasi yaitu menetapkan tujuan melakukan evaluasi pembelajaran ingin mengetahui penguasaan materi siswa selama satu semester misalnya Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran PAI, 2) menyusun kisi-kisi yaitu pertama melakukan analisis silabus, menyusun soal, Ketiga, membuat soal keempat, menyusun lembar jawaban, kelima, membuat kunci jawaban dan keenam, membuat pedoman penskoran, 3) menyusun soal 4) uji coba dan analisis soal ujicoba ini ada dua macam pertama uji bagian konstruk (kualitatif) yaitu soal di validasi oleh ahli, kedua uji bagian statistik (kuantitatif) yaitu mengukur validitas, realibilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan pengecoh 6) revisi dan merakit soal yaitu setelah guru melakukan ujicoba ternyata ada beberapa soal yang tidak valid maka soal yang tidak valid ini ada dua pilihan pertama dibuang jika ada soal yang mewakili dari indikator yang diukur kedua direvisi atau diperbaiki jika tidak ada soal yang mewakili dari indikator yang diukur. Kata Kunci: Kompetensi, Perencanaan evaluasi pembelajaran.