Pengembangan Media Papan Maripoli untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SMPIP Daarul Jannah Cibinong
Abstract
Adanya hasil penelitian yang ditunjukkan oleh para pendidik dalam bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial menunjukkan bahwa siswa SMP memiliki motivasi yang rendah terhadap bidang tersebut. Dr. Taat Wulandari dkk menyebutkan bahwa salah satu penyebab rendahnya motivasi siswa disebabkan oleh kurangnya keterampilan guru dalam mengajarkan konsep-konsep yang terdapat pada buku pembelajaran IPS (2018). Hal ini perlu ditanggapi secara serius dengan menggunakan pendekatan pembelajaran eksperimental. Pendekatan tersebut merupakan pendekatan pembelajaran yang dilakukan untuk mempermudah siswa memahami materi dengan secara aktif terlibat melakukan sebuah kegiatan atau eksperimen. Pemahaman materi dalam pembelajaran dapat diwujudkan dengan pemanfaatan media permainan “monopoli” yang dimodifikasi menjadi permainan “maripoli” yang bermuatan teori dan materi yang dipelajari. Materi yang dipergunakan dalam permainan ini adalah materi Maritim yang terdapat pada Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII pada Kurikulum 2013. Kelas yang melakukan kegiatan permainan eksperimental monopoli ini ialah empat kelas pada Sekolah Islam Plus Daarul Jannah Cibinong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini memberikan pengaruh positif terhadap motivasi siswa dalam mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial dan terdapat peningkatan hasil belajar secara kognitif yang dibuktikan pada kemampuan siswa dalam memahami uji teori dan istilah yang terkait dengan materi pembelajaran maritim