Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Geografi Menggunakan Model Discovery Learning

Abstract

Tujuan penelitian adalah guna mengetahui minat dan hasil belajar siswa yang menggunakan model discovery learning dan pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran geografi dengan model discovery learning. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan sifat kausal dimana variabel bebasnya adalah minat belajar siswa sedangkan variabel terikatnya adalah nilai/skor hasil belajar siswa. Data dalam penelitian dikumpulkan dengan teknik angket yang mana untuk mengetahui minat siswa dan tes tertulis berupa post-test untuk mengetahui nilai/skor hasil belajar. Untuk melihat besar pengaruh minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran terhadap nilai/skor hasil belajar siswa digunakan teknik analisis regresi linier. Bila kegiatan belajar mengajar (KBM) dilakukan dengan cara yang menarik serta menyenangkan dapat dimungkinkan mampu mempengaruhi minat belajar dari siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, minat belajar siswa pada kategori sangat baik sebanyak 2,8%, kategori baik sebanyak 83,3%, dan kategori cukup baik sebanyak 13,9%, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 79,75. Hasil analisis regresi linier minat siswa terhadap hasil belajar dengan menggunakan metode discovery learning diperoleh nilai r² sebesar 0,330 atau 33% yang artinya 33% nilai/skor hasil belajar siswa dipengaruhi oleh minat sedangkan 67% dipengaruhi oleh faktor lain yang juga berpengaruh terhadap nilai/skor hasil belajar siswa.