Analisis Sikap Sosial Siswa pada Pembelajaran IPS: Studi Kasus di SD Negeri 38 Sengawang Hilir Kelas 4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap sosial siswa melalui pemebelajaran IPS kelas IV di SD Negeri 38 Sengawang Hilir, agar dapat mengetahi bagaimana sikap sosial siswa kelas IV SD Negeri 38 Sengawang Hilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sabjek penelitian diambil menggunakan purposive sampling 4 orang siswa yang memiliki sikap sosial Sangat Baik, Baik, Cukup, Kurang, dan informan pendukung pada penelitian ini guru kelas IV SD Negeri 38 Sengawang Hilir. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, sikap sosial siswa khususnya pada aspek santun dan percaya diri siswa sudah baik dari hasil observasi dan wawancara, tidak terdapat siswa yang berbicara kasar kepada guru ataupun orang yang lebih tua dari mereka, meskipun ada beberapa yang terlihat berbicara kasar dengan temannya, akan tetapi siswa selalu menyapa guru dan temannya dengan senyuman hal ini juga didukung dengan siswa yang selalu berpakaian rapi dan pantas. Selanjutnya sikap percaya diri siswa juga baik terlihat dari hasil observasi dan wawancara bahwa siswa sudah cukup berani untuk maju kedepan mengerjakan tugas di papan tulis dan cukup berani berpendapat, meskipun ada beberapa siswa yang terlihat malu-malu dalam mengemukakan pendapat mereka