Tradisi Meganan dan Muatan Pendidikan Nilai sebagai Enrichment dalam Pembelajaran Sejarah di Kabupaten Trenggalek

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini untuk memberikan konstribusi dalam pembelajaran sejarah dengan mengeksplorasi pendidikan nilai dalam tradisi megengan. Pendidikan nilai bermanfaat sebagai sarana membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan melalui wawancara terhadap beberapa informan untuk mengetahui tata cara pelaksanaan megengan serta melakukan kajian literatur dari artikel, buku untuk melengkapi informasi tentang pendidikan nilai serta gagasan konseptual pembelajaran sejarah berbasis tradisi megengan. Hasil penelitian menunjukan jika megengan dari masa ke masa mengalami pergeseran dari segi pelaksanaanya. Tradisi megengan di dalamnya mengandung pendidikan nilai seperti: spritualitas, simpati, toleransi. Sebagai enrichment dalam pembelajaran sejarah tradisi megengan dapat dikemas menggunakan pendekatan konstruktivisme dengan model siklus belajar. Tahap-tahap model siklus belajar meliputi: (a) diskaveri, (b) Pengenalan Konsep; dan (c) Aplikasi KonsepĀ