Strategi Guru IPS dalam Mananamkan Sikap Toleransi pada Siswa Multikultural: Studi Kasus di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menumbuhkan toleransi di SMP Negeri 15 kota bengkulu. Siswa sekolah ini berasal dari beragam daerah, bahasa, latar belakang yang berbeda. Guru memegang peranan strategis dalam upaya mencetak bangsa melalui pembelajaran. Demikian juga dalam hal menanamkan sikap toleransi pada siswa. Sikap ini perlu ditanamkan agar menciptakan persatuan dan kedamaian serta siswa dapat menerima, menghormati keragaman dan perbedaan budaya yang ada di Indonesia terutama di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya dan kendala guru IPS dalam menumbuhkan sikap toleransi pada siswa. Analisis kualitatif digunakan dalam metode ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian strategi guru IPS dalam menanamkan sikap toleransi pada siswa multikultural Semua Guru dan Staf TU di SMP Negeri 15 kota Bengkulu sangat menanamkan sikap toleransi kepada siswanya dan memberikan contoh yang baik dalam menghargai perbedaan yang ada tetapi karena siswa ini masih di usia SMP masih banyak yang belum mengerti masih saja ada siswa yang mengejek teman lainnya.