Peningkatan Mutu dan Sumber Daya Manusia melalui Pembelajaran IPS yang Berkualitas di MTs Nurul Iman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan relevansi antara peningkatan mutu dan sumber daya manusia melalui pembelajaran IPS yang berkualitas di MTs Nurul Iman, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Peningkatan mutu peserta didik dapat melalui pembelajaran IPS yang berkualitas dan hal tersebut dapat terwujud apabila sumber daya manusia di sekolah juga berkualitas. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui studi pustaka, observasis, analisis dokumen dan wawancara. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa terdapat relevansi antara peningkatan mutu dan sumber daya manusia melalui pembelajaran IPS yang berkualitas. Apabila pembelajaran IPS yang berkualitas dapat tercipta, maka hal itu juga berpengaruh pada kualitas manusia dan mutu pendidikan. Penelitian ini merekomendasikan, agar sekolah lebih fokus pada peningkatan sumber daya manusia baik kepala sekolah, guru, dan staf tata usaha, setelah itu, baru menciptakan pembelajaran berkualitas.