Implementasi Penggunaan Smart Pocket And Questions Card dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Antusiasme Siswa Belajar Perpajakan

Abstract

Media pembelajaran yang dimaksudkan oleh Vernon S. Gerlach dan Donal F sangat kurang digunakan oleh guru ekonomi di SMA Negeri 3 Kota Bengkulu. Hal ini terbukti dari guru yang masih menggunakan metode ceramah dan memberikan tugas dalam proses kegiatan belajar mengajar. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 3 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2018/2019 dengan menggunakan model pembelajaran Smart pocket dan Question Card. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi partisipan dan tes tertulis. Metode ini terbukti berhasil meningkatkan minat belajar siswa. Perubahan nilai sikap dalam kategori sangat baik dan sangat antusias pada siklus 1 sebesar 20,00% sehingga termasuk kategori baik dan sangat antusias. Kenaikan sebesar siklus 2 sebesar 20,00%, artinya terjadi penurunan sebesar 20,00%. Penurunan ini disebabkan oleh adanya perubahan sikap antusias siswa dari antusias menjadi sangat antusias sebesar 20.00% atau terjadi perubahan yang sangat signifikan. Sehingga kesimpulan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media pembelajaran kreatif “Saku Cerdas dan Kartu Tanya” terbukti meningkat secara signifikan. Hal tersebut dapat mengundang antusias siswa untuk mempelajari konsep perpajakan pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Kota Bengkulu Semester 2 tahun pelajaran 2018-2019 yang sebesar 20,00%.