Rekonstruksi Nilai-Nilai Kebhinekaan dalam Pembelajaran Sejarah untuk Memperkokoh Toleransi: Studi pada SMA Negeri 1 Miomafo Barat Nusa Tenggara Timur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) perencanaan rekonetruksi nilai kebinekaan dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Miomafo; 2) impelemntasi pembelajaran rekonetruksi nilai kebinekaan dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Miomafo; dan 3) evaluasi rekonetruksi nilai kebinekaan dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Miomafo. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Miomafo Nusa Tenggara Timur. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara mendalam, analisis dokumen, dan observasi. Adapun analisis data dilakukan dengan menggunakan model interaktif Milles & Hubeman, yang terdiri dari tiga tahapan: reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapati hasil sebagai berikut ini: 1) perencanaan rekonstruksi nilai-nilai kebinekaan dalam pembelajaran sejarah dilakukan dengan melakukan dua hal utama, yakni analisis relevansi (tema dan muatan nilai) dan menyusun strategi; 2) pelaksanaan rekonstruksi nilai-nilai kebinekaan dalam pembelajaran sejarah dilakukan dengan model pembelajaran kooperatif yang terdiri dari tiga kegiatan utama (pendahuluan, inti dan penutup); dan 3) evalusi rekonstruksi nilai-nilai kebinekaan dalam pembelajaran sejarah dilakukan terhadap dua komponen utama, yakni hasil dan proses.