Identifikasi Nilai-nilai Pribadi Konseli berdasarkan Kisah Kepahlawanan Pejuang Dayak
Abstract
ABSTRAK Konseli adalah peserta didik sekolah yang membutuhkan bantuan pelayanan konseling, untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan identifikasi nilai-nilai pribadi agar tugas perkembangan konseli dapat berjalan dengan baik, salah satu diantara identifikasi nilai-nilai tersebut adalah berdasarkan kisah kepahlawanan pejuang Dayak. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dimana peneliti memiliki peran sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, studi dokumentasi serta triangulasi data, analisis data diraih dengan mengkombinasikan seluruh hasil pengumpulan data untuk selanjutnya ditarik kesimpulan berupa makna dan proposisi. hasil dan pembahasan adalah identifikasi nilai-nilai berdasarkan kisah kepahlawanan pejuang Dayak berupa falsafah Huma Betang, Isen Mulang, dan Mamut Menteng, konseli dapat menyerap nilai-nilai tersebut untuk selanjutnya membentuk identitas kepribadian yang ideal. Kata Kunci: Identifikasi, Nilai-nilai, Pribadi, Konseli, Pejuang Dayak.