Hubungan Antara Keterlibatan Keluarga (Family Involvement) dengan Ketaatan Beragama di Sekolah Berbasis Asrama pada Siswa SMP IT Se-Wilayah Gunungpati Semarang

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan dari penelitian untuk: (1) mengetahui tingkat keterlibatan keluarga, (2) mengetahui tingkat ketaatan beragama, dan (3) mengetahui hubungan antara keterlibatan keluarga (family involvement) dengan ketaatan beragama di sekolah berbasis asrama pada siswa SMP IT se-Wilayah Gunungpati Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster sampling danĀ  proportionate stratified random sampling dengan jumlah 251 siswa dari total 859 siswa yang tersebar di seluruh kelas VII, VIII dan IX. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu skala psikologis, baik skala psikologis keterlibatan keluarga maupun skala psikologis ketaatan beragama. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan ketaatan beragama memiliki rata-rata kriteria sangat tinggi dengan persentase sebesar 61,4%, tingkat keterlibatan keluarga memiliki rata-rata kriteria tinggi dengan persentase sebesar 75,3%, dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterlibatan keluarga (family involvement) dengan ketaatan beragama di sekolah berbasis asrama pada siswa SMP IT se-wilayah Gunungpati Semarang dengan rhitung 0,46 > rtabel 0,113 dan nilai (p) 0,000 < 0,05