Manajemen Pembelajaran Berbasis Pesantren, Sekolah Dan Madrasah

Abstract

Manajemen pembelajaran di sekolah merupakan pengelolaan pada beberapa unit pekerjaan oleh personil yang diberi wewenang, untuk menyukseskan pembelajaran. Sehingga keefektifan manajemen pembelajaran dapat dicapai manakala fungsi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan dapat diimplimentasikan dengan baik dan benar dalam program pembelajaran. Agar mutu pembelajaran di lembaga pendidikan baik sekolah, maupun madrasah, dapat dikelolah dengan baik, maka ada beberapa langkah yang harus dilaksanakan oleh para pelaku di lembaga pendidikan tersebut, dengan mengimplementasikan Fungsi manajemen pembelajaran yaitu perencanaan pengajaran, pengorganisasian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Dalam menjalankan fungsi manajemen pembelajaran seorang guru harus memanfaatkan sumber daya  pengajaran yang ada dalam kelas maupun yang ada di luar kelas. Peran guru sebagai manajer melakukan pembelajaran adalah proses mengarahkan peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar dalam rangka perubahan tingkah laku, (kognitif, afektif, psikomotorik) menuju kedewasaan.   Oleh karena itu agar proses belajar mengajar yang dilakukan berjalan lancar dan dapat menciptakan iklim yang kondusif dimana peserta didik merasa nyaman dan tidak tertekan dalam menerima pelajaran, maka dibutuhkan manajemen dalam mengelola pembelajaran tersebut. Manajemen pembelajaran selain diawali dengan dengan perencanaan yang baik, serta didukung komunikasi yang baik, juga harus didukung pengembangan strategis yang mampu membelajarkan siswa. Karena manajemen pembelajaran ,merupakan suatu proses penyelenggaraan intraksi peserta didik, pendidikk dan sumber pada suatu lingkungan belajar.