SIGNIFIKANSI SOSIO-EMOSIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP EFEKTIVITAS KINERJA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemampuan sosio-emosional kepala sekolah terhadap efektivitas kinerjanya di Kabupaten Sinjai. Metode penelitian yang digunakan adalah survey explanatory yang bertujuan menguji hipotesis dengan menggunakan metode sampling. Penarikan sampel dilakukan melalui teknik sampling acak bertingkat. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan teknik angket. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi yaitu metode kuantitatif yang dominan didukung dengan metode kualitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan analisis jalur yang diolah dengan menggunakan software SPSS, sedangkan data kualitatif dikumpulkan melalui dokumen dan angket, lalu direduksi, dan disajikan.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan sosio-emosional memfokuskan pada tiga dimensi yaitu (1) Keterampilan emosi yang meliputi: kesadaran emosi diri, kesadaran emosi terhadap orang lain, peristiwa dalam hidup.; (2) Kecakapan emosi yang meliputi: lntensionalitas, kreatifitas, ketangguhan, hubungan antarpribadi, dan kepuasan konstruktif; dan (3) Nilai-nilai emosi dan keyakinan, yang meliputi: belas kasihan, sudut pandang, Intuisi, radius kepercayaan, daya pribadi, serta integritas. Baik sendiri-sendiri maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap efektivitas kinerja pada kategori sangat tinggi.