MENJADIKAN SEKOLAH MUHAMMADIYAH SEBAGAI LADANG DAKWAH BAGI GURU

Abstract

Penulisan ini dilatarbelakangi dari sebuah permasalahan sosial pendidikan di sekolah-sekolah Muhammadiyah yang ada di Indonesia. Banyak dari kalangan guru yang masih menganggap bahwa mendidik hanya sebatas penyampaian materi kepada para peserta didiknya tanpa melihat hasil capaian indikator peserta didik. Banyak pula yang masih berdalih bahwa jika materi sudah tersampaikan maka telah tuntas pekerjaan seorang guru di jam pelajaran itu. Hal ini membuktikan bahwa masih banyak dari kalangan guru yang belum terlalu memperhatikan esensi dari mendidik peserta didik di sekolah-sekolah Muhammdiyah. Seorang pendiri Muhammadiyah yaitu K.H. Ahmad Dahlan telah menyampaikan bahwa pendidikan Islam seharusnya didasari dengan berjuang dan keikhlasan demi membentuk pribadi muslim yang berkarakter dan berbudi pekerti luhur. Oleh karena itu tujuan dari penulisan ini adalah ingin mengarahkan dan meluruskan sikap dan karakter seorang guru kepada pendidikan Islam yang dilandasi dengan perjuangan seperti halnya yang telah dicontohkan oleh K.H. Ahmad Dahlan. Sehingga pendidikan Islam akan diniatkan sebagai sikap dan bentuk dakwah yang dilakukan oleh para kalangan guru di sekolah-sekolah Muhammadiyah. Penulisan ini merupakan kajian pustaka (library research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan cara mempelajari fenomena sosial yang terjadi dan mengumpulkan data dari beberapa buku, jurnal, dan internet terkait judul yang sedang dibahas untuk dikembangkan demi menemukan solusi dari permasalahan yang ada.